Sabtu, 12 Maret 2016

Bisnis itu Mudah, Ayo Melangkah


Penamasmus, Semakin bertambah pertemuannya, semakin menarik dan menantang pula materi yang ada di dalamnya. Pada tugas Komunitas Menulis Online hari ini adalah tugas yang menarik dan menantang karena tugas ini adalah awal menjadi penulis yang menjadikan sebagai sebuah buku. Apakah tugasnya? Yakni membuat tulisan sebanyak 3 halaman (1000 kata) di lembar word. Langsung saja pada pembahasan mengenai tugas untuk materi ke-empat saja ya sahabat. Pada tugas ini akan melanjutkan pembahasan dari materi non fiksi dari ide yang sudah masmus kerjakan sebelumnya. Untuk menginformasikan isi tugas itu masmus akan nyuplik dari outline nya saja yang cukup mewakili materi di tugas ke-3 tersebut. Cekidot di materi selanjutnya .. :D
Pada materi ini masmus mengambil ide dengan sebuah tema besar berjudul “bisnis” dari pengalamannya akan menuliskan beberapa kali dalam mengawali dan bertahan dalam menjalankan bisnisnya. Disini ada terdapat beberapa bab yang isinya adalah tentang bagaimana memulai berbisnis, menceritakan tentang jatuh bangunnya masmus dalam menjalankan bisnis. Hingga berhasil meraih omzet puluhan juta per bulan. Semuanya butuh proses sama halnya dalam menulis, butuh proses untuk menjadi penulis dan salah satu proses untuk menjadi penulis adalah bergabung dengan komunitas menulis online (KMO). Oke, untuk tugas ini akan mengantar sahabat pena menuju materi pertama yakni tips dan trik bagaimana cara memulai berbisnis.
Bagaimana sih cara memulai berbisnis
Dari para pengunjung penamasmus, apakah banyak diantara visitor ini berkeinginan menjadi pebisnis? Lalu, jika berkeinginan menjadi pebisnis, bagaimana cara sahabat pena untuk memulai bisnis? Mudah kan? Oh, ternyata ada yang bilang susah. Susahnya dimana? Yuk, kita diskusi bareng dan masmus akan sedikit berbagi kisah dan cerita tentang pengalaman masmus untuk memulai dan mengembangkan bisnis di kala muda.
Bisnis itu mudah, ayo melangkah. Sebuah tagline menarik bagi masmus ketika memulai berbisnis. Memudahkan apa yang sulit dan meniadakan yang sulit dalam berbisnis. Sesimpel itu, tidak perlu ribet dalam menjalankan bisnis. Dari sini masmus akan kasih tips dan trik bagaimana cara memulai berbisnis supaya bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik. Mudah-mudahan dapat menjelaskan dan mencerahkan sahabat pena untuk berani memulai dalam berbisnis sehingga bukan sekedar wacana saja.
Baik, sekarang menuju pada tips dan trik tersendiri untuk berani memulai dan mengawali bisnis. Sudah siap untuk mengikuti tips dan trik selanjutnya? Yuk, kita simak bareng-bareng :
Realistis
Pernahkah kita membuat bisnis itu realistis? Yang visioner? Juaauuh di puluhan tahun kedepan? Dari beberapa diantara kita mungkin pernah. Tapi sempatkah mengevaluasi bahwa terkadang impian yang visioner itu membuat kita berulang-ulang untuk memulai berbisnis? Contoh kasusnya seperti ini :
“Saya punya rencana untuk membuat bisnis dengan impian mempunyai ribuan pegawai. Bisnis saya nnti berupa konveksi dengan order ribuan tiap pekannya. Wah, bahagia sekali.” Ujar sang pemimpi
“Tapi ditahun keberapa saya bisa mewujudkan itu? Mungkin ditahun ke-10 saya bisa meraihnya. Tapi apakah mungkin saya bisa mewujudkannya? Sepertinya tidak mungkin dan saya tidak siap dengan harus menunggu 10 tahun kedepan baru mendapat pegawai ribuan” sang pemimpi mulai melemah.
Kasus seperti ini selalu muncul bagi para pebisnis pemula untuk memulai bisnis, selalu muncul pernyataan yang melemahkan rencana bisnis yang akan dimulai dan dikembangkannya. Adakah yang punya pengalaman sama seperti ini? Lalu, apa yang harus kita lakukan agar bisnis kita bisa berjalan?
Segera mulai berbisnis tanpa memikirkan hal yang lainnya. Bisnis itu mudah, ayo melangkah. Masmus kasih contoh lagi untuk mengawali bisnis dari pengalamannya sendiri :
Memulai bisnis counter pulsa mobile, banyak yang bilang bisnis ini bisnis yang tidak menguntungkan karena kerugiannya lebih besar. Kerugiannya ini didapat dari customer yang tidak membayar. Pasti banyak yang mengalami hal ini. Tapi dalam kenyataannya ketika pernyataan-pernyataan yang melemahkan itu, jadikan sebagai evaluasi agar tidak terulang kembali pada bisnis yang akan kita jalankan nanti.
Untuk memulai bisnis counter pulsa mobile, hanya satu langkah yaitu datang ke counter pulsa untuk menjadi agen pulsa. Modal hanya Rp 200.000,- setelah itu kita menjadi agen pulsa. Bagaimana dengan tantangan yang ada didepan seperti customer yang hutang pulsa? Ingat, seorang pebisnis bukanlah seorang penakut. Seorang pebisnis bukanlah seorang yang lalai dalam mengingatkan. Seorang pebisnis adalah seseorang yang solusi oriented. Berorientasi pada solusi. Bukan pada pernyataan yang melemahkan diri sendiri. Segera mulai bisnis secara realistis dari modal yang dipunya tanpa berfikir untuk mengeluarkan pernyataan yang melemahkan kita untuk memulai berbisnis.
Bagaimana? Sepakatkah? Masmus yakin, sekarang sahabat pena jauh lebih siap untuk memulai bisnis. Semangat gengs. Bisnis itu mudah, ayo melangkah !
Perbudak diri sendiri
Banyak dari kita ketika akan memulai berbisnis mempunyai bayangan menjadi bos, mempunyai bayangan sebagai manager, mempunyai bayangan sebagai seorang direktur dengan 5 perusahaan. Bagus, bagus banget jika punya bayangan seperti itu. Tapi apakah kita sadar dan paham bahwa mereka yang menjadi seorang bos, manajer dan direktur dulu saat mengawali bisnisnya dimulai dari bawah? Biasanya banyak pebisnis pemula yang abai dan lalai tentang mereka yang sedang sukses di puncak kejayaannya pernah memperbudak diri sendiri dengan menjadi pegawai di perusahaan yang sekarang ia pimpin.
Tidak secepat dan semudah itu untuk menjadi bos di perusahaan yang dibangun, justru pemikiran yang salah ketika mengawali proses bisnis langsung diawali dengan menjadi bos karena disitu akan mempunyai banyak kelemahan. Perbudak diri sendiri menjadi seorang pegawai akan membawa dan mengantarkan kita menjadi bos besar yang paham tentang apa yang akan dikerjakan oleh perusahaan. Contoh :
Masmus mempunyai bisnis konveksi tapi tidak bisa menjahit namun semangat utk mengembangkan bisnis konveksi sangatlah tinggi. Apa yang perlu dilakukan? Yakni, mencoba untuk memahami proses yang terjadi di sistem konveksi yang dimulai dari pembelian kain, pemotongan kain, proses sablon dan bordir, menjahit hingga finishing. Nah, dari sini masmus memperbudak dirinya sendiri sebagai seseorang yang harus dan wajib bisa menyelesaikan dan menjalankan sistem yang terjadi di konveksi. Tidak semuanya dikerjakan oleh penjahit, minimal masmus harus paham sistem yang terbentuk. Quality control harus dipahami oleh masmus agar hasilnya terpuaskan ketika sampai di tangan customer.
Jual kelebihannya, bukan harganya
Customer segment memang banyak sekali, ada yang berfokus pada harga yang murah ada yang berfokus pada kualitas dan ada yang berfokus pada diantara harga murah dan kualitas bagus. Tips dan trik yang ingin masmus sampaikan berkaitan dengan bisnis yang akan dijalankan adalah tingkatkan kualitas dan pahami kelebihannya jangan berfokus pada harganya karena ketika orang paham kalau kualitas dan kelebihannya sangat bagus, harga berapapun akan dibeli. Sejatinya customer akan terbagi dan menyesuaikan dengan product yang akan dijual. Jangan pernah khawatir, Berapapun harganya asal kualitasnya bagus akan dibeli oleh customer yang mid-high. Tidak percaya? Coba saja cek harga-harga mobil, mulai dari yang murah hingga mahal juga ada. Bahkan yang mahal seharga 5 miliar pun tetap akan dibeli oleh seorang miliarder, yang dijual bukan harganya tapi kualitas dan kelebihannya.
Action
Bisnis itu mudah, ayo melangkah ! ACTION !

Ayo melangkah !! jalankan bisnis kita akan meringis omzet milyaran akan kita dapatkan ! 


1 komentar:

  1. Mas mus idenya sudah bagus, bahasanya mengalir dan siap ditunggu bukunya ya. bermanfaat untuk para pebisnis seperti saya juga. Thanks

    BalasHapus

About Me

Masmus merupakan sebuah sapaan dari sang penulis bernama Mustofa Sam, saat ini sedang menjalankan bisnis di clothing bernama CDR Indonesia dan aktif pemberdayaan masyarakat di eks lokalisasi dolly bersama Gerakan Melukis Harapan (GMH).

Popular Posts